Facebook Mulai Bersih-bersih Akun Palsu di Indonesia

Facebook Mulai Bersih-bersih Akun Palsu di Indonesia

Ilustrasi. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Facebook baru saja melakukan “bersih-bersih” di layanannya dengan sasaran berita palsu. Facebook memulai menghapus akun-akun palsu.

Tak hanya yang berbasis di Perancis, perusahaan asal California itu juga turut memberantas akun palsu yang ada di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengenali pola aktivitas akun-akun tersebut, seperti mem-posting konten berulang kali. Dilansir dari The Guardian, Rabu (19/4/2017).

Kampanye tersebut menggunakan metode mengumpulkan teman baru di Facebook dengan menyukai dan berinteraksi di laman Facebook yang populer. Setelah itu, mereka akan mengirimkan spam.

"Dengan meningkatkan teknik secara konstan, kami juga membidik untuk mengurangi insentif finansial bagi para penyebar spam yang bergantung pada distribusi agar usaha mereka bermanfaat," ujar Shabnam Shaik, Technical Program Manager Facebook dalam posting-annya.

Facebook mengaku, berhasil mematikan operasi penyebaran spam secara meluas di Bangladesh, Indonesia, Arab Saudi, dan sejumlah negara lainnya.

Shaik menambahkan, "Kami menemukan fakta kalau kebanyakan aktivitas ini dibuat menggunakan metode pembuatan akun secara tradisional. Namun mereka terbilang canggih karena dapat memanipulasi fakta bahwa pembuatan akun-akun itu adalah bagian dari operasi yang terkoordinasi," tutupnya.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews