Klinik Baloi Kini Layani Peserta BPJS Kesehatan Tingkat Pertama

Klinik Baloi Kini Layani Peserta BPJS Kesehatan Tingkat Pertama

Acara peresmian Klinik Baloi sebagai fasilitas pertama BPJS Kesehatan (foto : Humas BP Batam)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Masyarakat Kota Batam, Kepulauan Riau yang bermukim disekitar daerah Baloi, kini mendapat kemudahan untuk berobat. Klinik Baloi BP Batam kini melayani peserta BPJS Kesehatan tingkat pertama.

Direktur RSBP, dr. Sigit Riyanto M.Sc mengatakan BP Batam telah melakukan kerjasama kemitraan layanan dengan BPJS Kesehatan untuk dapat kembali memberikan fasilitas layanan kepada masyakarat Batam sebagai faskes tingkat pertama mitra layanan BPJS Kesehatan.  

Klinik Baloi diharapkan dapat memperluas pelayanan kesehatan di sekitar Baloi dan mempermudah akses pelayanan untuk meminimalisir antrian. Sigit mengimbau agar masyarakat dapat memanfaaatkan Klinik Baloi sebagai rujukan pelayanan kesehatan.

"Sebenarnya sudah dibuka sejak awal April menerima peserta BPJS, bagi masyarakat yang tempat tinggalnya dekat dengan Klinik Baloi dapat memindahkan PPK 1 ke Klinik Baloi," ujar dr. Sigit saat meresmikan Klinik Baloi sebagai fasilitas pertama BPJS Kesehatan, Senin (10/4/2017). 

Ia menambahkan, Klinik Baloi berdiri sejak tahun 1985 merupakan klinik satelit RSOB BP Batam dan menjadi satu-satunya klinik pemerintah pada waktu Otorita Batam. Seiring berjalan Klinik Baloi terus mendorong program pemerintah dalam upaya pemberian layanan kesehatan.

"Dokter yang bertugas di sini jangan hanya memberi resep obat saja, melainkan penyuluhan tentang hidup sehat dengan begitu harapannya dapat memberikan pelayanan mutu lebih baik dengan manfaat lebih luas dan pelayanan maksimal, dua tahun kedepan klinik ini akan dibangun infrastruktur fisik dengan fasilitas anak dan penyakit dalam," katanya.

Camat Lubuk Baja, Novi Harmadyastuti yang hadir saat peresmian mengatakan, kehadiran klinik Baloi dapat membantu layanan kesehatan bagi masyarakat Batam khususnya warga Baloi.

"Penumpukkan pasien sering terjadi di puskesmas Lubuk Baja dengan adanya klinik ini dapat membantu mengurangi antrian," ujarnya.

"Kami sungguh berbangga dan berbahagia klinik ini membuka faskes BPJS, baik Lurah, Seklur dan jajaran saya perintahkan untuk dapat diinfokan kepada masyarakat khususnya lubuk baja," kata Novi menambahkan.

Ia berharap agar pemerintah dalam hal ini camat dan lurah kedepannya dapat saling bersinergi dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Klinik Baloi BP Batam.

"BPJS mengharapkan klinik dapat lebih promotif dan preventif jadi tidak hanya sakit datang melainkan melakukan kegiatan positif seperti penyuluhan dan senam kesehatan bagi klinik Baloi," ujar Asnah selaku perwakilan BPJS Kesehatan.

Klinik Baloi berlokasi di Jalan Bunga Raya bersebelahan dengan kantor Polsek Lubuk Baja dan Kantor Camat Lubuk Baja dengan membuka layanan poli umum, poli gigi dan poli kebidanan.  Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolsek Lubuk Baja, Lurah Baloi, jajaran pegawai RSOB BP Batam, dan tokoh masyarakat.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews