Tips Memilih Developer agar Investasi Properti Menguntungkan

Tips Memilih Developer agar Investasi Properti Menguntungkan

Ilustrasi investasi properti (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Bagaimana memilih developer agar investasi aman dan menguntungkan? Apa saja yang harus dilihat dari sebuah perusahaan developer sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi properti?

Investasi merupakan suatu kegiatan yang harus Anda lakukan sebagai suatu bagian dari pelaku ekonomi. Investasi berguna sebagai pencapaian tujuan investasi, dimana tujuan investasi untuk masing-masing orang berbeda, seperti untuk dana pendidikan, dana pensiun atau untuk membeli barang-barang kebutuhan.

Selain itu, investasi juga mencegah penyusutan nilai uang yang Anda miliki atau yang biasa disebut dengan inflasi.

Maraknya investasi properti sejalan dengan banyaknya perusahaan pengembang properti. Investasi properti bukanlah sebuah investasi dengan modal yang sedikit dan tentunya sebisa mungkin Anda ingin agar investasi Anda berhasil. Banyaknya pilihan properti terkadang membuat investor bingung untuk memilih.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti ketika memilih sebuah developer dikutip dari Finansial.com.

1. Visioner

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih pengembang adalah visi yang dimiliki oleh developer terhadap pembangunan properti tersebut. Beberapa pengembang mungkin memiliki visi yang sederhana terhadap properti mereka, unit tempat tinggal yang banyak dan fasilitas umum seperti gym dan kolam renang.

Tetapi, developer yang memiliki visi yang jelas, mereka akan membangun sebuah hunian berbasis perkotaan, dimana Anda dapat menemukan pusat bisnis, komersial serta rekreasional di dalam suatu area, tentu saja investasi Anda akan lebih menguntungkan karena developer dengan visi ini akan lebih unggul dibandingkan yang lain.

Developer yang visioner akan membantu investasi Anda untuk berbuah dengan cepat, terutama jika Anda membeli properti khusus sebagai investasi, baik untuk dijual maupun disewakan, Anda tidak akan kesulitan mencari peminatnya.

Sebuah developer yang melihat sebuah properti sebagai bagian dari gaya hidup dari pada sebuah tempat untuk tidur adalah perusahaan yang berkomitmen kepada properti dan calon residen yang akan menetap.

 2. Stabil secara finansial

Sebuah perusahaan developer properti yang tidak mempunyai finansial yang cukup stabil akan memperlambat atau menunda pembangunan atau memilih menggunakan material yang di bawah standar. Tentunya hal ini akan merugikan Anda sebagai investor. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memeriksa status keuangan perusahaan tersebut, biasanya Anda dapat melihat laporan keuangan tahunan atau bertanya pada investor saham.

Selain itu, Anda juga dapat mencari tahu berapa unit yang telah terjual atau keberhasilan developer dalam mengembangkan proyek-proyek sebelumnya. Dengan informasi ini, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih mengenai pendanaan perusahaan tersebut. Jika perusahaan developer tersebut adalah perusahaan gabungan, Anda juga dapat memeriksa status keuangan perusahaan partner-nya.

3. Rencana serta skema waktu yang jelas

Sebuah developer yang kredibel dan bertanggung jawab adalah developer yang berani memberikan Anda sebuah skema waktu, mulai dari pembangunan, serah terima hingga penyelesaian sebuah properti. Developer tersebut harus mempunyai kalender pembangunan yang pasti dan mempunyai latar belakang finansial yang cukup kuat untuk menyelesaikan proyek mereka dalam beberapa tahun.

Biasanya developer seperti ini akan mencanangkan rencana mereka ke hadapan publik dengan memberikan informasi unit yang telah terjual, total uang yang akan “disuntik” untuk pembangunan proyek tersebut dan perkembangan yang dapat Anda harapkan. Anda dapat mencari informasi seperti ini melalui media, seperti koran dimana faktanya telah dicek terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.

4. Sukses pada proyek sebelumnya

Penting agar Anda mengetahui proyek-proyek yang pernah dibangun oleh developer tersebut dan keberhasilan proyek tersebut. Periksalah situs resmi perusahaan atau bertanya langsung pada penghuni atau investor lain yang pernah membeli properti dari pengembang tersebut. Opini publik merupakan ukuran yang baik untuk mengetahui nilai dan cara kerja sebuah developer.

Tetapi, Anda juga harus memiliki penilaian yang kritis dan masuk akal, pertimbangkanlah apakah opini yang diberikan hanya sebuah kritikan subjektif atau review bagus yang diberikan terlihat seperti sedang memasarkan perusahaan? Carilah informasi sebanyak mungkin dari sumber yang berbeda agar Anda mempunyai penilaian yang adil.

Untuk di Kota Batam, salah satu developer yang memiliki visioner yang jelas dan kredibel seperti Winner Group. Winner Group sukses dalam setiap project-nya. Proyek yang terbaru saat ini pre-launching dari Winner Group adalah Winner Green Canyon di daerah Bengkong, Winner Sweet Home di Tanjungpiayu dan Winner Deluxe di Batam Centre.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews