Siapa Unggul di Putaran Dua Pilkada DKI Jakarta? Ini Prediksi 2 Lembaga Survei

Siapa Unggul di Putaran Dua Pilkada DKI Jakarta? Ini Prediksi 2 Lembaga Survei

Pasangan Anies-Uno (kiri) dan Ahok-Djarot. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta – Hasil survei yang dilakukan dua lembaga suvei berbeda, yakni Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA dan Median, memprediksikan pasangan yang unggul di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Kedua lembaga survei itu memperkirakan pasangan Anies-Sandi akan ungguli pasangan Ahok-Djarot.

“Kalau dilihat dari 63% pendukung Agus-Sylvi beralih ke Anies-Sandi, saya rasa pasangan ini memang lebih berpotensi menang pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta ini,” papar peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar ketika berpartisipasi di forum diskusi Redbons, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2017).

Hal senada diungkapkan Direktur Riset Median Sudarto. Merujuk pada isu identitas yang menimpa pasangan petahana Ahok-Djarot, dianggap memengaruhi elektabilitasnya.

“Pemilih Jakarta ini aneh, saya kira ada anomali karena rata-rata menyebut petahana kerjanya sudah bagus, tetapi tidak mau memilih mereka,” timpal Sudarto.

Sementara pengamat politik Ubaidillah Badrun menyebut, pergerakan timses pemenangan masing-masing kandidat dalam kurun waktu 13 hari jelang pemilihan sangatlah menentukan. Selain itu, terdapat dua faktor yang memengaruhi keterpilihan mereka, yakni politik uang dan mesin politik.

“Hal yang paling menyulitkan untuk perubahan pilihan adalah politik uang dan mesin politik,” jelas Ubai.

Meski demikian, Ubai menekankan militansi relawan dan parpol mampu meminimalisir politik uang. “Para relawan dan politisi yang bisa kita sebut sebagai mesin politik inilah yang punya peran kunci membuahkan kemenangan paslon,” tandasnya.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews