Belok Patah Bikin Power Steering Anda Cepat Rusak, Ini Penjelasannya

Belok Patah Bikin Power Steering Anda Cepat Rusak, Ini Penjelasannya

Ilustrasi mengemudi (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Power steering adalah salah penunjang kenyamanan dalam berkendara. Dengan perangkat ini, pengemudi tidak perlu bersusah payah untuk mengarahan laju mobil sesuai keinginan.

Tetapi, sebelum berkendara pastikan fitur yang satu ini dalam keadaan baik, karena power steering bisa rusak atau tidak berfungsi karena gaya berkendara yang salah. Misal terlalu sering berbelok dengan patah.

"Kalau belok terlalu patah, tekanan sistem hidrolik yang menekan sil akan tinggi. Dan hal tersebut akan cepat merusak sistem kerja power steering," jelas Tarno, Mekanik dari Mady Jaya Motor, saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (30/3/2017).

Maka dari itu, Tarno menyarankan saat berbelok jangan terlalu sering patah, karena Jika sudah rusak, maka setir akan susah dikendalikan, serta timbul bunyi saat melintasi jalan rusak atau berlubang.

"Kerusakan power steering juga bisa karena faktor usia pemakaian. Namanya sil power steering dari karet, pasti akan habis juga. Biasanya lima tahun harus ganti," tambah pria yang bengkelnya beralamat di Jalan Radio Dalam Raya, No 99A-B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Untuk merawat power steering, sebenarnya cukup mudah. Paling penting, ganti secara periodik oli power steering. "Biasanya ganti oli, setahun sekali," kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews