Penampakan Saffron, Rempah Termahal di Dunia

Penampakan Saffron, Rempah Termahal di Dunia

Panen saffron di Pampore, Kashmir. FAROOQ KHAN/EPA

BATAMNEWS.CO.ID - Tahukah Anda rempah paling mahal di muka bumi? Jawabannya Safron. Harga saffron bisa mencapai $ 2.000 hingga $ 10.000 per pon. Proses yang harus ditempuh untuk mendapatkannya pun tak mudah.

Saffron berasal dari benang sari bunga saffron crocus (Crocus sativus). Rempah ini menghasilkan warna kuning cerah dan aroma yang tajam saat dicampurkan ke dalam masakan.

Biasanya digunakan untuk membumbui nasi, misalnya nasi biryani dari India, arroz con pollo atau paella ala Spanyol. Selain warna dan rasanya yang khas, saffron juga memiliki khasiat antidepresan, bisa meredakan stres dan kecemasan.

Dilansir Mashable, bunga saffron crocus hanya mekar dalam seminggu selama musim gugur. Dibutuhkan iklim dan curah hujan yang tepat agar saffron bisa tumbuh subur. Untuk menghasilkan 1 gram saja, dibutuhkan sekitar 150 bunga. Tanaman berbunga ungu cantik ini hanya tumbuh di beberapa negara, antara lain Iran, Pakistan, Yunani, Italia, dan Spanyol.

Iran adalah produsen utama saffron. Sekitar 95 persen dari saffron yang beredar di pasaran dunia berasal dari negara ini. Saffron aquila dari Lembah Navelli, Italia dianggap memiliki aroma dan citarasa terbaik.

Sementara saffron mongra atau lacha dari Pampore, Kashmir paling mahal karena memiliki rasa, aroma, dan warna yang pekat. Selain itu, proses distribusi yang rumit menjadikan harganya semakin melonjak.

Menurut buku The Contemporary Encyclopedia of Herbs and Spices: Seasonings for the Global Kitchen, saffron aslinya berasal dari kawasan barat daya Asia. Digunakan dalam masakan selama lebih dari 1000 tahun.

Catatan sejarah tertua mengenai saffron tercantum dalam manuskrip abad 7 SM di perpustakaan raja Ashurbanipal dari Asyur.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews