ATB: Air yang Kita Produksi Aman Dikonsumsi

ATB: Air yang Kita Produksi Aman Dikonsumsi

Staf pengujian air PT Adhya Tirta Batam tengah melakukan tes kualias air di Laboratorium Instalasi pengolahan air (IPA) Mukakuning, Batam, beberapa waktu. (foto: ist/ATB)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Humas PT ATB Batam, Wijanarko Iksa memastikan air ATB aman untuk dikonsumsi. Ia menjelaskan pengelolaan air yang dilakukan ATB sudah sesuai dengan Permenkes RI No 492 Tahun 2010.

Dalam Permenkes RI No 492 Tahun 2010 tersebut sudah diatur cara pengujian air secara mikrobiologi, fisika dan kimia untuk mengetahui parameter, bakteri, warna, kekeruhan, suhu dan kandungan mineral atau non mineral di dalam air.

“Air yang kita produksi sudah sesuai dengan Permenkes. Apalagi ATB sudah mendapat pengakuan akreditasi dari komite nasional. Sehingga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” kata Iksa, Rabu (8/3/2017).

Dikatakannya, sebelum disalurkan kepada konsumen, ATB melakukan dua kali pengolahan air dari waduk. Pertama menguji kualitas air baku untuk departemen produksi. Kedua adalah pengujian kualitas air bersih.

“Jadi ada dua kali pengolahan air sebelum disalurkan kepada konsumen. Yang intinya air dari ATB aman,” beber Iksa.

Iksa juga tak membantah jika air yang ada di waduk Baloi sudah tercemar. Pihaknya tidak mengolah air di waduk tersebut karena butuh proses pengelolaan air yang cukup lama.

“Pada dasarnya semua air baku bisa diolah. Namun, kualitas air menentukan cara pengolahan. Untuk waduk Baloi pengelolaanya cukup panjang dan butuh biaya besar. Berbeda dengan Dam Duriangkang yang bisa dengan cepat diproduksi,” pungkas Iksa.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews