Tugboat dan Tongkang Kandas Dihempas Ombak di Perairan Lingga

Tugboat dan Tongkang Kandas Dihempas Ombak di Perairan Lingga

Kapal Tugboat (TB) AA1 yang menggandeng Tongkang (TK) Surya yang kandas di Lingga. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Laka laut menimpa Kapal Tugboat (TB) AA1 yang menggandeng Tongkang (TK) Surya di pantai Menangku, Desa Laboh, Kecamatan Lingga, Kepri pada Kamis (13/2/2017) sekira pukul 14.00 WIB.

Dari informasi yang diperoleh, laka laut terjadi pada posisi 002.499 N - 104.43.898 E dikarenakan hempasan kuat dari gelombang laut.   

Adapun kronologi kejadian, pada Jumat 10 Februari 2017 Tugboat AA1 yang menggandeng TK Surya ll berangkat dari Putung, Selatpanjang tujuan Teluk Air Batuampar, Pontianak.
 
"Pada Sabtu 11 Februari 2017 sekira pukul 22.00 WIB, TB. AA1 dan TK. Surya II tidak bisa melanjutkan pelayaran disebabkan ombak besar dengan ketinggian 4 meter dan angin kuat," dalam laporan yang diterima Batamnews.co.id.

Kemudian, pada Minggu 12 Februari sekira pukul 12.00 WIB TB AA1 kembali putar haluan dan ternyata kapal tidak bisa memutar dan membahayakan kapal tugboat.

"Tindakan yang diambil nakhoda memutuskan tali gandeng TK Surya II dan membiarkan TK Surya II terbawa oleh ombak."

Selanjutnya, Tugboat AA1 mengikuti tongkang ke tempat kandasnya tongkang, setelah tongkang kandas, Tugboat AA1 mencari tempat berlindung dan lego jangkar di posisi Pulau Akat di sekitaran tempat kejadian TK Surya II kandas.

"Tidak ABK yang terluka dalam laka laut tersebut."

Lanal DBS/Posal Senayang untuk sementara menunggu cuaca teduh, anggota Posal Senayang masih melaksanakan pemantauan di sekitar TKP dibantu oleh personel polsek dan koramil setempat.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews